Pages

Saturday, August 18, 2018

Lewat Garda Pemuda, NasDem Ziarah ke Makam Habib

INILAHCOM, Jakarta - Garda Pemuda NasDem melakukan ziarah kebangsaan di sejumlah lokasi makam pahlawan serta tempat bersejarah dalam rangka memperingati Dirgahayu ke-73 Tahun Republik Indonesia pada Jumat (17/8/2018).

Ketua Bidang Agama DPP GP NasDem, Chepy Aprianto mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan dan syuhada bangsa yang terdahulu yang ada di seluruh Indonesia.

"Ada beberapa alasan dipilih kegiatan ziarah kebangsaan dibanding kegiatan tahun sebelumnya. Ziarah yang dipilih tempat Makam Habib Kwitang, Makam Pangeran Jayakarta, dan Makal Habib Al-Husein Luar Batang," kata Chepy, Sabtu (18/8/2018).

Ia menuturkan, alasan pertama untuk mendoakan para syuhada, karena mereka yang gugur di medan perang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kedua untuk menumbuhkan semangat patriotisme kalangan GP NasDem se-Indonesia, dimana kita semua mengambil semangat mereka yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk berjuang terhadap bangsa dan agamanya," jelasnya.

Kemudian, Chepy mengatakan GP NasDem menyadari saat ini pahlawan tidak hanya bersemayam di makam pahlawan, tapi juga ada di desa-desa yang tidak tersentuh oleh pemerintah.

Namun, cerita tentang jasa para pahlawan membela bangsa dan agama harus tetap dipelihara dari generasi ke generasi.

"Terakhir untuk mengingatkan kader GP NasDem akan kematian.

"Ketika kita ingat akan kematian, maka akan semakin banyak berbuat kebaikan tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk rakyat, bangsa dan agamanya masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, sekretaris Jenderal DPP GP NasDem, Moh. Haerul Amri menjelaskan kegiatan ini juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat khusus para pemuda agar dalam berpolitik selalu mengedepankan ukhuwah insaniyah (persaudaraan antar anak bangsa).

Selain itu, mengedepankan ukhuwah wathoniyah (persaudaraan kebangsaan), ukhuwah diniyyah (persaudaraan keagamaan) dan ukhuwah asyiyasyah (persaudaraan politik). Menurut dia, apabila empat persaudaraan itu terjaga dan terpelihara dengan baik akan terasa indah, sejuk.

"Insya Allah Indonesia di usianya yang ke-73 ini akan terasa lebih indah, sejuk, aman, damai, dan kesejahteraannya pun akan semakin meningkat. Tidak akan terjadi lagi gesekan, perselisihan, perpecahan dan politisasi agama," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.inilah.com/read/detail/2474835/lewat-garda-pemuda-nasdem-ziarah-ke-makam-habib

No comments:

Post a Comment