Pages

Monday, August 27, 2018

Perhatikan, Ini Gejala dan Tanda Penderita Rabies

INILAHCOM, Jakarta - Gejala dan tanda penderita rabies diawali dengan gejala mual, takut air, takut angin dan takut suara.

Masa inkubasi pada manusia adalah antara dua minggu sampai dengan dua tahun. Gejala muncul rata - rata 2-3 bulan setelah gigitan.

Menurut Elizabeth Jane Soepardi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, apabila sudah muncul gejala dan tanda Rabies akan terjadi kematian.

"Virus rabies ditularkan ke manusia melalui gigitan hewan misalnya anjing, kucing, dan kera. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan melalui luka gigitan hewan penderita rabies atau luka yang terkena air liur hewan atau manusia penderita rabies," ujar Jane di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru-baru ini.

Masih menurutnya, setiap tahun, rata - rata ada sekitar 55 ribu orang yang meninggal karena Rabies dan 95 persen dari jumlah itu terjadi di Asia dan Afrika, menurut WHO pada tahun 2013. Sebagian besar dari penderita sekitar 30 - 60 persen adalah anak - anak usia kecil di bawah 15 tahun. (tka)

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2476432/perhatikan-ini-gejala-dan-tanda-penderita-rabies

No comments:

Post a Comment