Pages

Sunday, August 26, 2018

Julie Bishop Mundur dari Kursi Menteri Luar Negeri Australia

Jakarta, CNN Indonesia -- Julie Bishop, Menteri Luar Negeri Australia mengumumkan pengunduran dirinya dari kepemimpinan Scott Morrison, Perdana Menteri yang baru dilantik dua hari terakhir. Pengunduran diri Bishop tersebut tak terlepas dari pertempuran kepemimpinan yang menggulingkan Malcolm Turnbull dari Partai Liberal.

Mengutip Reuters, Minggu (26/8), Bishop mengaku belum akan memutuskan apakah ia akan mengikuti pemilihan berikutnya, yang jatuh tempo Mei 2019 mendatang. Keputusan ini bisa berimplikasi serius bagi pemerintah Morrison yang memiliki mayoritas parlemen hanya dari satu kursi.

Morrison dilantik pada Jumat (24/8), usai memenangkan pemilihan ketua Partai Liberal melawan Turnbull. Ia mengambil alih pucuk kepemimpinan Turnbull setelah menduduki kursi sebagai Menteri Keuangan di era PM Turnbull.


Bishop sempat menantang Turnbull dalam pemungutan suara pengambilalihan ketua partai, bersama Peter Dutton, mantan Menteri Dalam Negeri Australia. Namun, nama Bishop tumbang di peringkat ketiga.

Posisi Bishop sebagai wakil ketua partai di dalam pemilihan digantikan oleh Menteri Energi Australia Josh Frydenberg.

"Saya akan tetap di kursi belakang sebagai suara kuat untuk Australia Barat," tutur dia.


Kemungkinan Bishop meninggalkan parlemen sebelum pemilihan berikutnya menjadi kekhawatiran Morrison.

Sebab, ini berarti Morrison harus segera menggelar pemilihan lain untuk mencari pengganti Bishop.


(Reuters/bir)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180826121738-113-324989/julie-bishop-mundur-dari-kursi-menteri-luar-negeri-australia/

No comments:

Post a Comment