Pages

Thursday, August 30, 2018

Jojo: Tunggal Putra Sering Dipandang Sebelah Mata

INILAHCOM, Jakarta - Jonatan Christie ingin membuktikan tunggal putra tak boleh terus-terusan dipandang sebelah mata. Hal itu yang membuat Jonatan termotivasi di Asian Games 2018.

Sejak era Taufik Hidayat, tunggal putra Indonesia kesulitan meraih gelar juara internasional. Kemudian, muncul tiga pebulutangkis muda yang membuka harapan, yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Ihsan Maulana Mustofa.

Sayang, penampilan ketiganya masih inkonsisten. Banyak yang meragukan tunggal putra Indonesia bisa bangkit. Dalam setiap turnamen, ganda putra dan ganda campuran selalu dijadikan andalan meraih gelar.

Pandangan yang wajar, karena tunggal putra masih belum stabil meski ketiga nama tersebut punya potensi. Itu sebabnya Jonatan ingin membuktikan tunggal putra tak boleh lagi dipandang sebelah mata.

Motivasi memberikan yang terbaik ingin ditunjukkan Jonatan di Asian Games 2018. Lewat perjuangan dan latihan keras, Jonatan mampu meraih medali emas, sementara Anthony menyabet perunggu. Itu merupakan emas Asian Games pertama sejak Taufik Hidayat di 2006.

"Kadang kami tunggal putra Indonesia sekarang dipandang sebelah mata. Waktu saya dan Anthony masuk semifinal, kami mau buktikan kalau kami bisa memastikan emas. Tapi namanya pertandingan ya, Anthony terhenti di semifinal," ungkap pemain yang akrab disapa Jojo, dalam wawancara dengan Badmintonindonesia.org.

Demi mewujudkan ambisinya, Jonatan dan juga Anthony berlatih lebih keras di Pelatnas Cipayung. Menurut Jojo, pelatih memberikan porsi ekstra di latihan fisik.

"Kalau dari latihan teknik sih sama aja, yang porsinya dilebihkan itu dari segi fisik. Untuk teknik, paling latihan fokus, feeling akurasi bola juga. Tapi yang paling jelas banget itu fisik, benar-benar ditingkatkan," tambahnya.

"Salah satunya meningkatkan durasi latihan main di lapangan jadi 85 menit ke atas. Ada juga lari, gym dan berenang. Tapi nggak sekaligus berbarengan, tiap minggu ada jadwalnya. Semuanya ini ditambah waktu mau ke Asian Games. Lari di jogging track ditambah putarannya, gym ditambah bobot latihan bebannya," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

https://olahraga.inilah.com/read/detail/2477093/jojo-tunggal-putra-sering-dipandang-sebelah-mata

No comments:

Post a Comment