Pages

Tuesday, August 8, 2023

Ramengvrl dan Cinta Laura Jadikan Lagu Bossy Sebagai Kritik Sosial

Repost Hiburan sebelumselamanya.blogspot.com
Jakarta, CNN Indonesia --

Ramengvrl berkolaborasi dengan Cinta Laura untuk menelurkan single terbaru yang berjudul Bossy. Lagu tersebut dirilis pada Jumat (4/8) lalu.

Keduanya menjelaskan bahwa tema dan pesan dalam lagu Bossy merupakan bentuk kritik sosial terhadap stigma perempuan di Indonesia.

"Bossy itu kritik sosial dari aku dan Ramengvrl terhadap masyarakat," kata Cinta Laura di Rumah Shradda Semesta, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Kritik yang dimaksud dalam lagu ini, jelas Cinta Laura, tergambarkan langsung lewat kata "bossy" yang dapat berarti sikap semena-mena dalam memimpin.

Kata "bossy" pun dipilih menjadi judul sebagai sebuah satir bahwa ada perbedaan penilaian terhadap pandangan atas perempuan dan laki-laki dalam menduduki posisi pemimpin.

"Seringkali kalau perempuan memiliki posisi yang tinggi itu dianggap bossy, dianggap sok mengatur," ujar Cinta Laura.

"Tapi, kalau laki-laki itu dianggap watak pemimpin. Itu kan standar ganda dan tidak adil," lanjutnya. "Kita bukan bossy kok, we're just leaders."

[Gambas:Video CNN]

Ramengvrl sebagai pencipta lagu Bossy juga menyetujui penjelasan Cinta Laura. Ia akhirnya mengusung tema centil sebagai dasar penulisan lagu tersebut.

Ia mengatakan banyak masyarakat di Indonesia, terutama perempuan, tidak menyadari bahwa bersikap centilan adalah pilihan yang sah.

"Kita sekarang sudah ada di tahap kalau perempuan harus mengambil kekuatan kita lagi," jelas Ramengvrl di kesempatan yang sama.

Menurut Ramengvrl, stigma di masyarakat Indonesia membentuk sifat centil dan kecapakan berpikir menjadi dua variabel yang berbeda.

Itu yang membuat Ramengvrl merasa harus meluapkan kritik tersebut bersama Cinta Laura yang kemudian berbuah menjadi single Bossy.

"Cewek cetil, atau suka pink, atau terlalu feminin bukan berarti dia enggak pintar," kata Ramengvrl. "Lo bisa pintar dan centil dalam satu waktu dan itu yang mau kami bawakan di lagu ini."

Bossy merupakan rilisan terbaru Ramengvrl yang melibatkan Cinta Laura sebagai kolaboratornya.

Aransemen lagu ini dibuat oleh Gerard Liu dari Weird Genius dan Decemberkid untuk menata gaya lugas dan menggelitik dari rap milik Ramengvrl.

Ramengvrl yang bernama asli Putri Estiani bertanggung jawab dalam menulis lirik yang ia gubah bersama Gerald Prayogo, Kamga, dan Ikhwan Bimoseno.

Perilisan lagu Bossy juga dibarengi dengan video klip bernuansa futuristik. Video klip itu disutradarai oleh Andrea Wijaya.

Bossy telah rilis di seluruh layanan streaming pada 4 Agustus 2023.

[Gambas:Youtube]

(far/pra)

Adblock test (Why?)


Ramengvrl dan Cinta Laura Jadikan Lagu Bossy Sebagai Kritik Sosial
Klik Sourching

No comments:

Post a Comment