Pages

Sunday, September 9, 2018

Ini Cara PDIP Malang Cegah Caleg Agar Tak Korupsi

INILAHCOM, Malang - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Kartika meminta kepada semua bakal calon legislatif yang akan maju di pemilihan legislatif 2019 untuk menandatangani pakta integritas.

"45 bacaleg kita kumpulkan. Kami tidak ingin ada kejadian serupa terulang (9 legislator PDI-P ditangkap KPK dalam kasus suap APBD-P Kota Malang tahun anggaran 2015," kata Made, Minggu (9/9/2018).

Menurut dia, DPC sengaja membuat pakta integritas agar kader tidak melakukan pelanggaran yang dianggap merugikan partai. Bahkan, bakal calon anggota legislatif akan menandatangani surat pengunduran diri dari partai dan anggota legislatif sebelum ditetapkan sebagai bakal calon tetap oleh KPU Kota Malang.

"Jadi kita buat diawal pakta integritas surat pengunduran diri sebelum kampanye. Jadi, sebelum terpilih mereka siap mundur, kedepan jika ada pelanggaran surat itu sebagai bukti caleg bersangkutan secara sah siap mundur," ujarnya.

Ia mengatakan pakta integritas berisi tentang pelarangan adanya pelanggaran indisipliner, tidak mematuhi AD/ART partai, melakukan tindakan orupsi, mencemarkan nama baik partai hingga membocorkan rahasia partai.

"Pakta integritas agar caleg untuk periode 2019-2024 mematuhi aturan partai, tidak melakukan penyelewengan dan merugikan nama partai," tandasnya.[beritajatim.com]

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.inilah.com/read/detail/2478948/ini-cara-pdip-malang-cegah-caleg-agar-tak-korupsi

No comments:

Post a Comment