Pages

Saturday, August 11, 2018

Aksi Pertamina Peduli untuk Korban Gempa Lombok

INILAHCOM, Lombok - Guratan letih di wajah Lalu Fikri, perlahan memudar ketika tempat pengungsiannya bersama keluarga di Dusun Karang Pulo disambangi tim Pertamina Peduli, Jumat (10/8/2018).

Lokasi dusun yang terletak di atas bukit itu, masuk Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Daerah ini merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak gempa 7 Skala Richter (SR) pada Minggu (5/8/2018).

Dalam rilis kepada media di Jakarta, Sabtu (11/8/2018), Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Agus Mashud menjelaskan, hingga Jumat (10/8/2018), Posko Peduli Pertamina, terus menggelontorkan bantuan untuk para korban gempa Lombok. Berupa suplai bahan bakar, logistik, prasarana, hingga dukungan dapur umum.

Untuk suplai BBM, Pertamina telah menyalurkan bantuan BBM Solar sebanyak 5.200 liter untuk 3 Posko Utama yakni Pamenang, Tanjung dan Gangga. Dari ketiga Posko Utama itu, sebanyak 5.000 liter didistribusikan ke seluruh Posko Pengungsian dan 200 liter untuk operasional di Posko Utama. Bantuan solar sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan genset di semua Posko Pengungsian.

Sementara untuk kebutuhan bahan bakar gas, Pertamina menyalurkan Bright Gas lebih 150 tabung kemasan 5,5 kilogram (kg) dan 12 kg. Bantuan gas tersebut disalurkan ke Posko Utama Pamenang, Tanjung, Sembalun dan Sambelia. Bantuan gas juga diberikan kepada Dapur Umum TNI dan PLN, serta Dapur Umum BUMN Peduli.

Untuk logistik para pengungsi, Pertamina membagikan 20 sack beras, 13 dus mie instan, 200 dus air mineral kemasan 1,5 liter serta 16 dus roti kering. Khusus untuk bayi, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan 10 dus bubur dan susu bayi, 8 dus pampers, susu kental manis 100 box serta susu ibu hamil sebanyak 2 dus. Pertamina juga memberikan bantuan susu ibu hamil sebanyak 2 dus, pakaian dalam 400 pcs serta 5 dus pembalut.

Industri migas pelat merah ini juga memberikan bantuan peralatan mandi sebanyak 100 bingkisan plastik, dilengkapi 100 handuk dan 50 ember. Untuk kebutuhan tidur para pengungsi, Pertamina memberikan bantuan selimut sebanyak 476 buah, 100 buah sarung dan 49 buah kasur.

Guna melengkapi operasional Posko Pengungsian, Pertamina memberikan bantuan kursi lipat sebanyak 10 buah, 3 unit menja besar, 1 unit meja, 2 unit genset, 10 kipas angin, 10 kabel roll serta 60 buah plastik sampah.

Sementara, Pertamina juga untuk membantu korban lukan dan mengatasi trauma masyarakat, akibat gempa yang berkepanjangan, lanjut Agus Mashud, Pertamina juga memberikan perhatian khusus kondisi kesehatan dan psikologis para korban gempa, dengan menurunkan tim medis meliputi dokter spesialis, dokter umum, psikolog, perawat, dan apoteker.

Para korban gempa akan akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, termasuk untuk mengatasi trauma akibat gempa. Pertamina juga telah menggelar operasi pasar LPG 3 Kg di 3 lokasi yakni di kecamatan Pemenang, Tanjung, dan Gangga Kabupaten Lombok Utara pada Rabu (8/8/2018).

Dalam operasi pasar tersebut Pertamina menyiapkan 1.680 tabung dan hingga selesai operasi pasar, sebanyak 252 tabung yang tersalurkan. "Pertamina juga terus memulihkan jalur distribusi BBM. Alhamdulillah, jalur distribusi BBM di wilayah Lombok Utara, untuk SPBU di Pamenang dan Tanjung telah beroperasi secara normal," pungkas Agus. [ipe]

Let's block ads! (Why?)

https://ekonomi.inilah.com/read/detail/2473513/aksi-pertamina-peduli-untuk-korban-gempa-lombok

No comments:

Post a Comment